Selasa, 09 Desember 2008

OBAT PATEN VS GENERIK

Apa sih obat paten?

Obat paten adalah obat generik yang yang dibungkus kembali oleh suatu pabrik sehingga mempunyai nama yang berbeda sesuai yang ditentukan oleh pabrik tersebut atau dengan nama dagang.

Apa sih obat generik?

Obat generic merupakan obat yang yang mempunyai nama sesuai farmakope Indonesia atau sesuai dengan zat aktif yang dikandung nya.

Kebanyakan masyarakat Indonesia banyak yang masih kurang paham tentang pemilihan obat. Banyak yang sama sekali tidak mau menggunakan obat generik karena menganggap obat generic mempunyai kualitas dibawah obat paten karena harga nya jauh lebih murah. Kenapa demikian? Karena minim nya pengetahuan serta penyuluhan tentang obat. Disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang ini dan semoga dapat membuka mata masyarakat dan memperluas pengetahuan. Pada dasar nya obat paten dan generic adalah sama karena antara obat paten dan generic sebenarnya mempunyai zat aktif/khasiat yang sama pula,hanya saja obat paten lebih mahal karena selain dia membuat desain/bungkus obat tersebut lebih menarik juga perusahan yang membuat obat tersebut mengiklankan produk nya yang tentu saja menggunakan biaya yang lebih. Oleh karena itu harga obat paten terkadang jauh lebih mahal dibandingkan obat generic.

SEMOGA MEMBANTU..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar